Loading...

Saturday, March 2, 2013

SUMBER-SUMBER AIR MINUM


By :
Sri Siswaty Tahir
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Hasanuddin

SUMBER-SUMBER AIR MINUM
Sebelum mengetahui apa saja sumber-sumber air bersih, ada baiknya kita mengetahui apa pengertian air dan air minum itu sendiri dan apa sajakah syarat-syarat air minum itu?

DEFINISI AIR MINUM
Air minum merupakan sumber kehidupan, tidak hanya bagi manusia, mahkluk hidup yang lain juga sangat membutuhkan air. Kekurangan air pada tubuh manusia bisa menyebabkan dehidrasi karena ketahanan tubuh manusia sangat bergantung pada berbagai fungsi air, sedangkan tubuh manusia belum mengembangkan suatu system penyimpanan air sebagai system penyimpangan lemak.
Air minum adalah air yang digunakan untuk konsumsi manusia. Menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat. Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum (Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002).
Air minum yang di masak hingga 100 ᵒC dapat membunuh bakteri, namun banyak zat berbahaya, terutama logam, yang tidak dapat di hilangkan dengan cara ini. Saat ini terdapat krisis air minum di berbagai negara berkembang di dunia akibat jumlah penduduk yang terlalu banyak dan pencemaran air
Syarat-syarat air minum :
1.   Fisik : Jernih, tidak berasa, tidak berbau, suhu < suhu udara (sejuk), kekeruhan < 1mg/liter.
2.  Kimia : Tidak mengandung racun, bahan organik, zat mineral yang berbahaya.
3.   Bakteriologi : Bebas dari kuman-kuman penyakit (parasitis, patogenik) bakteri coli.
4.      Radioaktifitas : Tidak boleh terkena sinar alfa, beta, dan gamma melebihi syarat tertentu.

Pada prinsipnya semua air dapat diproses menjadi air minum. Sumber-sumber air ini, sebagai berikut:
1.      Air hujan
Air hujan dapat ditampung kemudian dijadikan air minum, tetapi air hujan ini tidak mengandung kalsium. Oleh karena itu, agar dapat dijadikan air minum yang sehat perlu ditambahkan kalsium didalamnya.
2.      Air sungai dan danau
Air sungai dan danau berdasarkan asalnya juga berasal dari air hujan yang mengalir melalui saluran-saluran ke dalam sungai atau danau. Kedua sumber air ini sering juga disebut air permukaan. Oleh karena air sungai dan danau ini sudah terkontaminasi atau tercemar oleh berbagai macam kotoran, maka bila akan dijadikan air minum harus diolah terlebih dahulu.
3.      Mata air
Air yang keluar dari mata air ini berasal dari air tanah yang muncul secara alamiah. Oleh karena itu, air dari mata air ini bila belum tercemar oleh kotoran sudah dapat dijadikan air minum langsung. Tetapi karena kita belum yakin apakah betul belum tercemar maka alangkah baiknya air tersebut direbus dahulu sebelum diminum.
4.      Air sumur
(1) Air sumur dangkal adalah air yang keluar dari dalam tanah, sehingga disebut sebagai air tanah. Air berasal dari lapisan air di dalam tanah yang dangkal. Dalamnya lapisan air ini dari permukaan tanah dari tempat yang satu ke yang lain berbeda-beda. Biasanya berkisar antara 5 sampai dengan 15 meter dari permukaan tanah. Air sumur pompa dangkal ini belum begitu sehat karena kontaminasi kotoran dari permukaan tanah masih ada. Oleh karena itu perlu direbus dahulu sebelum diminum.
(2) Air sumur dalam yaitu air yang berasal dari lapisan air kedua di dalam tanah. Dalamnya dari permukaan tanah biasanya lebih dari 15 meter. Oleh karena itu, sebagaian besar air sumur dalam ini sudah cukup sehat untuk dijadikan air minum yang langsung (tanpa melalui proses pengolahan).
5.      Air Tanah
Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah. Air tanah merupakan salah satusumber daya air yang keberadaannya terbatas dan kerusakannya dapat mengakibatkan dampak yang luas serta pemulihannya sulit dilakukan. Selain air sungai dan air hujan, air tanah juga mempunyai peranan yang sangat penting terutama dalam menjaga keseimbangan dan ketersediaan bahan baku air untuk kepentingan rumah tangga (domestik) maupun untuk kepentingan industri. Dibeberapa daerah, ketergantungan pasokan air bersih dan air tanah telah mencapai ± 70%.
6.      Danau
Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi,olahraga dan sumber air bersih untuk dijadikan bahan baku air minum. Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan. Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas. Tetapi danau terkadang sudah terkontaminasi. Jadi, apabila ingin dikonsumsi harus diolah terlebih dahulu.
7.      Sumber Air Pegunungan
Air yang dihasilkan dari mata air pegunungan yang ada di Indonesia sudah siap kita minum kapan saja, Akan tetapi  sumber mata air bersih pegunungan sekarang sudah banyak dimanfaatkan oleh perusahan-perusahan jasa pengolahan air bersih sehingga kita tidak dapat dengan leluasa menemuinya. Perusahan air besih ini mengolah sumber air dari pegunungan untuk di sterilisasi menghilangkan bakteri-bakteri yang ada di dalam air.

Di Indonesia sendiri, Sumber Air Minum umum dibagi dua, yaitu :
a.      Air tanah/sumur
Air yang berasal dari dalam tanah, yang diambil dengan cara pengeboran kemudian disedot menggunakan pompa air. Air ini mempunyai kondisi dan kandungan kontaminan yang bervariatif seperti kandungan mangan, besi, nitrat dan nitrit sehingga sulit sekali dikontrol. Selain itupula air tersebut banyak terkontaminasi oleh bakteri E-coli yang berasal dari kotoran hewan dan manusia.
b.      Air PAM
Air yang diolah perusahaan air minum (PDAM) yang bersumber dari air sungai ataupun air tanah. Air ini diolah dengan maksud agar bakteri berbahaya terbunuh dan biasanya untuk dapat membunuh bakteri digunakan larutan kimia klorin. Akan tetapi korin adalah senyawa kimia yang juga berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia karena hasil turunannya yaitu THMs (Trihalomethane) dapat menyebabkan penyakit kanker dan ginjal.

 DAFTAR PUSTAKA


No comments:

Post a Comment