Loading...

Saturday, October 27, 2012

Pengaruh Perkembangan Budaya Asing Terhadap Budaya Indonesia

Oleh Sri Siswaty Tahir
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Hasanuddin


KATA PENGANTAR

Puji syukur yang ingin penulis ucapkan atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nyalah karya ilmiah ini dapat penulis selesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dalam karya ilmiah ini, penulis membahas mengenai “Pengaruh Perkembangan Budaya Asing Terhadap Budaya Indonesia”, suatu permasalahan yang selalu dialami oleh remaja Indonesia yang ikut-ikutan dan terpengaruh terhadap budaya luar mulai dari segi bicara dan pakaian.

karya ilmiah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman mengenai pengaruh perkembangan budaya luar terhadap budaya Indonesia yang sangat diperlukan dengan harapan bahwa remaja dapat mengetahui dampak positif dan dampak negatif dari pengaruh budaya luar terhadap budaya Indonesia sehingga para remaja Indonesia dapat memahami dan mengetahui dampak negatif dan positif ini secara bijak. Dalam proses penyusunan makalah ini, tentunya penulis mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi, dan saran. Untuk itu rasa terima kasih yang dalam penulis kepada yang terhormat :

Bapak Drs. Lutfin Ahmad, M.Hum. dosen pembimbing mata kuliah Bahasa Indonesia, Universitas Hasanuddin.

Penulis menyadari bahwa sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Maka dari itu, Penulis juga sangat mengaharapkan kritik dan saran dari para pembaca sehingga penulis dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam penyusunan karya tulis ilmiah selanjutnya.

Demikian karya tulis ilmiah ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

BAB I
PENDAHULUAN


1.1  LATAR BELAKANG

Indonesia adalah bangsa yang majemuk, terkenal dengan keanekaragaman dan keunikannya. “Kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan kebudayaan yang majemuk dan sangat kaya ragamnya. Perbedaan yang terjadi dalam kebudayaan Indonesia dikarekan proses pertumbuhan yang berbeda dan pengaruh dari budaya lain yang ikut bercampur di dalamnya”. (Kong Fu Tse, 1970). Di setiap budaya tersebut terdapat nilai-nilai sosial dan seni yang tinggi. Seiring dengan masuknya era globalisasi saat ini, turut mengiringi budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Negara Indonesia mempunyai norma-norma yang harus dipatuhi oleh masyarakatnya. Setiap butir norma memiliki peranan masing-masing dalam mengatur hidup manusia (Soekamto, 1984). Norma merupakan suatu ketetapan yang ditetapkan oleh manusia dan wajib dipatuhi oleh masyarakat dan memiliki manfaat positif bagi kelangsungan hidup khalayak.

Pada kondisi saat ini, kebudayaan mulai ditinggalkan bahkan sebagian masyarakat Indonesia malu akan kebudayaannya sebagai jati diri sebuah bangsa. Hal ini mengakibatkan hilangnya keanekaragaman budaya Indonesia secara perlahan-lahan, yang tidak terlepas dari pengaruh budaya.

Generasi muda termasuk mahasiswa di dalamnya, baik disadari atau tidak memegang amanah dalam menjaga kelestarian keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Dalam menjaga kelestarian budaya Indonesia tersebut banyak cara yang dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan dan batasan-batasan yang ada.

 Jangan sampai di saat budaya kita diambil bangsa lain, baru kita menyadari betapa bagusnya nilai-nilai yang terkandung dalam budaya kita itu sendiri. Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin lama semakin canggih serta perdagangan bebas yang telah terjadi di dunia khususnya Indonesia telah meracuni bangsa Indonesia terhadap moral akhlak dan tatakrama pergaulan anak remaja, adat budaya Indonesia yang dulu katanya Indonesia kaya akan budayanya kini terhapus semua oleh yang namanya kemajuan zaman. Permasalahan ini sangat berdampak negatif bagi masyarakat Indonesia, khususnya dikalangan para remaja.

Sehingga saya sebagai mahasiswa ingin sekali mengangkat tema “Pengaruh Budaya Asing Terhadap Gaya Hidup Remaja Di Indonesia”. Untuk lebih jelasnya akan saya bahas di bab pembahasan selanjutnya.

1.2 RUMUSAN MASALAH

1.    Apa faktor utama penyebab masuknya budaya asing ke indonesia?

2.    Apa dampak positif dan negatif terhadap masuknya budaya asing ke indonesia ?

3.    Apa akibat dari pengaruh budaya asing terhadap masyarakat?

4.    Apa pengaruh budaya asing terhadap eksistensi jati diri bangsa?

5.    Bagaimana untuk mengantisipasi dampak negatif masuknya budaya asing?

1.3 TUJUAN PENELITIAN

Tujuan yang hendak dicapai melalui penulisan ini adalah :

1.  Untuk mengetahui tentang Pengaruh kebudayaan Barat dan Timur terhadap kebudayaan Indonesia.

2.  Memberikan informasi kepada masyarakat terutama para remaja indonesia mengenai pengaruh perkembangan budaya luar terhadap budaya Indonesia.

3.   Menyajikan data mengenai remaja yang berkaitan dengan tata bahasa budayanya sendiri dan     budaya luar .

4.  Menampilkan data yang dapat memberikan masukan pada remaja agar tidak ikut ikutan terhadap budaya asing.

1.4 MANFAAT PENELITIAN

Dalam karya ilmiah, ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil serta bertujuan, diantaranya untuk:

1.  Menyadarkan bagi pemuda dan pemudi penerus bangsa indonesia akan bahaya yang mengancam negeri kita dari dalam maupun luar.

2.    Mangetahui gejala yang dialami oleh bangsa indonesia sekarang maupun kedepan.

3.    Mengetahui cara penanggulangan krisis budaya tersebut.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Apa yang Menyebabkan Terjadinya Perubahan Budaya  Indonesia

Seiring dengan kemajuan zaman serta teknologi yang canggih, Indonesia bangkit menjadi negara berkembang yang semakin lama semakin tumbuh menjadi negara maju dan ini merupakan salah satu perkembangan zaman yang sangat cepat yang sering disebut sebagai revolusiseperti dalam Al-Qur’an yang terdapat dalam surat yaasin (‘’wassyamsu tajrii limustaqarrillaha dzaalika taqdiirul azizi al-‘aliem’’ ) yang artinya ‘’ dan matahari berjalan di tempat peredarannya demikianlah ketetapan yang maha perkasa lagi maha mengetahui’’(Q.S. Yaasin: 38).

Menurut Soejono Soekanto  (1990: 326-328) perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu: Sistem pendidikan formal yang maju, sistem yang terbuka dalam lapisan masyarakat, toleransi terhadap perbuatan-perbuatan yang menyimpang, ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu yang terjadi dalam waktu yang lama.

Namun, dalam keadaan seperti ini masyarakat Indonesia malu akan budaya sendiri, mereka menganggap bahwa budaya Indonesia ketinggalan zaman. Ini merupakan salah satu penyebab terjadi masuknya budaya asing ke Indonesia dengan mudahnya,

2.2 Dampak Masuknya Budaya Asing ke Indonesia

Masuknya budaya asing ke indonesia disebabkan salah satunya karena adanya krisis globalisasi yang meracuni indonesia. Pengaruh tersebut berjalan sangat cepat dan menyangkut berbagai bidang kehidupan. Tentu saja pengaruh tersebut akan menghasilkan dampak yang sangat luas pada sistem kebudayaan masyarakat. Teknologi yang berkembang pada era globasisasi ini mempengaruhi karakter sosial dan budaya dari lingkungan social. Masuknya budaya asing ke indonesia mempunyai pengaruh yang sangat peka serta memiliki dampak  positif dan negative (Soerjono Soekanto, 1990).

1.    Dampak Positif

Yaitu pembangunan yang terus berkembang di Indonesia dapat merubah perekonomian indonesia dan mencapai tatanan kehidupan bermasyarakat yang adil, maju, dan makmur. Hal tersebut diharapkan akan mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera baik batin, jasmani dan rohani.

2.    Dampak Negatif,

Budaya yang masuk ke Indonesia seperti cara berpakaian, etika, pergaulan dan yang lainnya sering menimbulkan berbagai masalah sosial diantaranya;  kesenjangan sosial ekonomi, kerusakan lingkungan hidup, kriminalitas, dan kenakalan remaja.

     2.3 Pengaruh global terhadap eksistensi jati diri bangsa .

Adanya unsur budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa indonesia sangat menghawatirkan karena dapat menyebabkan terjadinya goncangan budaya. Namun, di sisi lain masuknya unsur budaya asing de Indonesia juga sangat bermanfaat bagi kehidupan bangsa Indonesia.

Apa yang akan terjadi jika kita tidak mampu menghadapi tantangan global? Apabila kita tidak mampu menghadapinya, kita akan terisolasi dari bangsa lain. Keberadaan bangsa kita pun tidak diketahui di mata dunia apalagi jika kita tidak mampu mensetarakan diri dari bangsa lain.
BAB III
PEMBAHASAN

3.1  Faktor Utama Masuknya Budaya Asing

Budaya asing yang masuk ke Indonesia berdampak sangat buruk dengan nilai-nilai kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Karena Indonesia dengan mudah meniru budaya, perilaku, cara bergaul, dan berpakaian yang sangat tidak sesuai dengan budaya indonesia.

Selain itu akan terjadinya pergeseran nilai budaya indonesia yang menimbulkan kebimbangan, karena masuknya usur-unsur budaya asing yang sangat cepat dan pesat mengakibatkan perubahan sosial yang berkesinambungan. akibatnya masyarakat yang mengalami kebimbangan, dimana mereka tidak mempunyai pegangan menyebabkan anggota masyarakat tidak mampu mengukur tindakannya. Kebimbangan yang dialami masyarakat dapat mendorong perbuatan menyimpang seperti pergaulan bebas. Selain dampak negatif terdapat juga dampak positif diantaranya tumbuhnya Indonesia menjadi negara berkembang dan maju serta pembangunan yang semakin pesat terjadi di kota-kota besar, serta perekonomian Indonesia semakin maju dan berkembang.

3.2 Tantangan Masuknya Budaya Asing ke Dalam Masyarakat

Masuknya unsur-unsur asing yang diadopsi oleh masyarakat indonesia dianggap dapat mengancam nilai-nilai, tatanan hidup, gaya hidup, sikap, dan dan pikiran masyarakat Indonesia. Hal ini merupakan salah satu akibat dari adanya keterbukaan dan hubungan dengan bangsa lain.

     3.3  Cara Mengantisipasi Dampak Negatif Masuknya Budaya Asing

Globasisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat mendunia, dimana batas wilayah bukan lagi hambatan yang berarti. Hubungan antar bangsa berlangsung lebih aktif. Setiap bangsa pun tidak menutup diri dari bangsa lain. Indonesia sebagai bangsa yang terbuka harus siap menerima pengaruh tersebut. Negara yang berhasil mewujudkan globalisasi harus dapat memanfaatkan globalisasi dalam segi kehidupan tetapi juga harus mampu menyaringnya melalui ideologi bangsa yang kokoh, dengan begitu negara tersebut akan berkembang secara cepat.

Sebaliknya, apabila ketahanan ideologi dan pandangan hidup suatu bangsa rapuh, globalisasi justru akan membuat jati diri bangsa tersebut memudar.

Dibawah ini merupakan beberapa hal yang harus dilakukan untuk antisipasi dampak budaya asing.

1)        Menyeleksi dan menyaring nilai-nilai budaya asing

Nilai-nilai budaya asing yang sesuai dengan bangsa kita dapat diserap sehingga akan memperkaya nilai budaya bangsa kita, sedangkan yang kita tinggalkan untuk itu, hal-hal yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

a.    Meningkatkan kesetiaan kita kepada ideologi nasional (Pancasila).

b.    Mengembangkan sikap kekeluargaan dan gotong royong.

c.    Mengenali dan mengembangkan nilai seni budaya.

2)    Memelihara dan mengembangkan kebudayaan nasional

Memelihara dan mengembangkan budaya nasional sebagai jati diri bangsa dengan cara mengirimkan misi kebudayaan dan kesenian dari suatu daerah keluar negeri. Selain itu, dapat dilakukan dengan menayangkan dan menyiarkan kebudayaan dan kebudayaan nasional melalui berbagai media, mengadakan seminar membahas kebudayaan daerah sebagai budaya nasional, serta pelestarian dan pewarisan dan pewarisan daerah yang dapat mendorong persatuan dan kesatuan bangsa.
3)    Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam rangka membangun masyarakat yang adil dan makmur yang tetap berkepribadian indonesia, kita harus tetap beriman dn bertaqwa kepada tuhan yang maha esa. Dalam menjalani tuntutan era globalisasi, kita tetap mampu berdiri kokoh sebagai bangsa dengan ideologi dan pandangan hidup nasional

yang tangguh serta kebudayaan nasional yang yang luhur.

BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Dari hasil karya tulis yang berjudul “Pengaruh Budaya Asing Terhadap Bangsa Indonesia” dapat disimpulkan bahwa: Kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan kebudayaan yang majemuk dan sangat kaya ragamnya. Negara Indonesia mempunyai norma-norma yang harus dipatuhi oleh masyarakatnya. Setiap butir norma memiliki peranan masing-masing dalam mengatur hidup manusia.

Seiring dengan kemajuan zaman serta teknologi yang canggih, Indonesia bangkit menjadi negara berkembang yang semakin lama semakin tumbuh menjadi negara maju dan ini merupakan salah satu perkembangan zaman yang sangat cepat dan menyebabkan arus globalisasi.

Pada kondisi saat ini, kebudayaan mulai ditinggalkan bahkan sebagian masyarakat Indonesia malu akan kebudayaannya sebagai jati diri sebuah bangsa. Hal ini mengakibatkan hilangnya keanekaragaman budaya Indonesia secara perlahan-lahan, yang tidak terlepas dari pengaruh budaya luar. Generasi muda termasuk mahasiswa di dalamnya harus menjaga kelestarian keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Jangan sampai di saat budaya kita diambil bangsa lain, baru kita menyadari betapa bagusnya nilai-nilai yang terkandung dalam budaya kita itu sendiri. Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin lama semakin canggih serta perdagangan bebas yang telah terjadi di dunia khususnya Indonesia telah meracuni bangsa Indonesia terhadap moral akhlak dan tatakrama pergaulan anak remaja, adat budaya Indonesia yang dulu katanya Indonesia kaya akan budayanya kini terhapus semua oleh yang namanya kemajuan zaman.

Pada kondisi saat ini, kebudayaan mulai ditinggalkan bahkan sebagian masyarakat Indonesia malu akan kebudayaannya sebagai jati diri sebuah bangsa. Hal ini mengakibatkan hilangnya keanekaragaman budaya Indonesia secara perlahan-lahan, yang tidak terlepas dari pengaruh budaya luar dan karakter mayarakat Indonesia yang suka meniru. Generasi muda termasuk mahasiswa di dalamnya, baik disadari atau tidak memegang amanah dalam menjaga kelestarian keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Dalam menjaga kelestarian budaya Indonesia tersebut banyak cara yang dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan dan batasan-batasan yang ada.

 Jangan sampai di saat budaya kita diambil bangsa lain, baru kita menyadari betapa bagusnya nilai-nilai yang terkandung dalam budaya kita itu sendiri. Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin lama semakin canggih serta perdagangan bebas yang telah terjadi di dunia khususnya Indonesia telah meracuni bangsa Indonesia terhadap moral akhlak dan tatakrama pergaulan anak remaja, adat budaya Indonesia yang dulu katanya Indonesia kaya akan budayanya kini terhapus semua oleh yang namanya kemajuan zaman.

permasalahan ini sangat berdampak negatif bagi masyarakat Indonesia, khususnya dikalangan para remaja.

4.2 Saran

Setelah diamati dampak dari masuknya unsur-unsur budaya asing ke Indonesia,  penulis memberikan saran kepada para pembaca karya tulis ini umumnya dan para generasi  penerus bangsa indonesia khususnya, agar mengantisipasi terhadap budaya asing yang yang masuk ke indonesia karena budaya tersebut tidak sesuai dengan norma-norma kebudayaan kita dan akan berdampak sangat buruk terhadap eksistensi budaya ini. Karena budaya asing banyak terdapat penyimpangan yang dilakukan oleh segelintir masyarakat Indonesia khususnya, kaum para pemuda-pemudi yang mengadopsi cara hidup mereka dari berbagai budaya asing yang masuk ke Indonesia, seperti pergaulan bebas, live style, sex bebas, dan lainnya.

Dan saran ini ditujukan kepada pemerintah agar lebih teliti lagi menyaring budaya asing yang masuk karena akan mempengaruhi generasi yang akan datang.


Daftar Pustaka

Sri Wahyuni, Niniek. Dkk. 2007. Manusia dan Masyarakat. Jakarta: Ganeca Exact.

DR. Mubarak, Achmad, MA. 2004. Nasionalis Religius Jati Diri Bangsa Indonesia. Jatiwaringin: PT.Bina Rena Pariwara  



16 comments:

  1. Replies
    1. iya silahkan saja.. thanks yah dah berkunjung ke blogku :)

      Delete
  2. wah keren banget tuh buat dijadiin tugas wawancaraku, hehe makasih ya udah share di blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama :)
      hanya sekedar buat berbagi pengetahuan :)
      gomawo yah dah berkunjung ke blog aku;D

      Delete
  3. teh saya izin copas... buat tambahan referensi kok.. ^^

    ReplyDelete
  4. trimakasih ya kak,,,
    mau tanya caranya biar d blog kita ada musiknya gmana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama ....

      cara biar blog ada lagunya itu simple banget kok...
      1. Pertama nyari kode lagu buat blog (search di google aja.
      2. kedua loggin dulu ke akun blognya kamu.
      3. Masuk ke bagian TATA LETAK lalu klik TAMBAH GADGET (Saya sarankan pilih di bagian sidebar saja ).
      4. Pilih HTML/JAVA SCRIPT.. setelah itu Silahkan paste kode
      yang tadi sudah anda copy.
      5. Kemudian pilih SAVE dan sekarang lihat hasilnya :)

      SIMPLE kan. semoga membantu :D

      Delete
  5. ijin copas yah kk, buat referensi kok. thanks before.

    ReplyDelete
  6. ijin copas ya mbak,,,buat referensi,,,

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. apakah budaya asing dapat memperkaya budaya indonesia?

    ReplyDelete
  9. terimakasih sudah post ;)

    ReplyDelete
  10. izin copas ya kak ,, untuk jdi tugas pkn ku :)
    trimakasih banyak :)

    ReplyDelete